Cara Mengembalikan Data/File Terhapus di Android

Bisakah mengembalikan file terhapus di android? pada umumnya, setiap data baik file, foto, video, gambar, kontak, ataupun dokumen di dalam smartphone yang hilang atau terhapus bisa dikembalikan lagi menggunakan softawre tambahan. bagaimana cara mengembalikan data yang terhapus di hp android? Tetapi cara ini kadang kruang efektif karena biasanya pengembalian datanya acak dan tak beraturan. Dan umumnya file yang kembali tdiak semuanya, ada yang tidak kembali karena file sudah terlalu lama.

Cara Mengembalikan Data/File Terhapus di Android bisa dilakukan melalui beberapa cara, bisa melalui aplikasi bawaan android atau melalui laptop atau komputer. Sekarang banyak pilihan aplikasi untuk mengembalikan data di android yang gratis dan bisa diunduh mudah melalui playstore. Beberapa aplikasi bisa anda sesuaikan sesuai dengan versi android dan kebutuhan yang bsia disesuaikan dengan merk hp anda seperti xiaomi, oppo, samsung, vivo, advan, atau merk lainnya. Untuk lebih jelasnya berikut cara mengembalikan foto dan video yang hilang di android:

Cara Mengembalikan Data Terhapus/Hilang di Android

Cara Mengembalikan Data Terhapus/Hilang di Android

Untuk mengembalikan data menggunakan aplikasi, kita akan membaginya menjadi dua jenis smartphone yaitu HP android yangs udah diroot dan yang belum diRoot :

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android Tanang sudah di-Root menggunakan aplikasi :


1. Disk Digger Undelete

pa PC


Untuk mengembalikan data terhapus pada hp android y
Sesuai dengan namanya, aplikasi ini adalah mengembalikan data atau file yang terhapus pada sebuah tempat memori baik memori internal maupun micro SD. Aplikasi ini tersedia dalam 2 versi, yaitu versi gratis dan berbayar atau premium. Untuk fitur aplikasi yang gratis, hanya mampu mencari file-file foto atau gambar dalam format PNG, JPG dan MP4, sedangkan untuk format lain seperti dokumen pdf, atau kontak dll ada pada fitur premiumnya. Aplikasi ini penggunaannya hanya untuk android yang sudah dilakukan Root. Jika android anda belum diroot maka tidak bisa menggunakan aplikasi ini.

Cara menggunakan aplikasi ini adalah :
  • Install aplikasi disk digger melalui google play store
  • Setelah pemasangan selesai, buka aplikasinya
  • Saat pertama membuka, akan diminta akses Root, klik Izinkan.
  • Selanjutnya pilih format file yang ingin dicari dengan mencetangnya.
  • Setelah pengaturan sudah selesai, klik OK untuk mulai melakukan pengembalian data
  • Tunggu hingga proses selesai.
  • Klik opsi, yaitu pada gambar 3 titik yang ada di kanan atas.lalu pada menu yang muncul pilih saja menu Save this file localy, lalu anda akan diminta untuk memilih lokasi penyimpanan, pilih dan tekan tombol OK, dengan demikian data recovery akan tersimpan kembali di perangkat android anda.


Cara Mengembalikan Data Terhapus di Android Tanpa Root

Nah, untuk smartphone yang belum di root sebenarnya untuk mengembalikan file yang terhapus disarankan menggunakan pc atau komputer. Anda harus memiliki atau menggunakan pc atau laptop, dan untuk cara kali ini menggunakan Laptop windows. Caranya :
  •  Unduh aplikasi Recuva Data Recovery dan kemudian instal pada komputer, atau laptop
  • Setelah terinstall, hubungkan hp android anda menggunakan kabel USB ke laptop dan cek memori yang akan dikembalikan datanya dipastikan sudah terdeteksi pada laptop
  • Selanjutnya jalankan aplikasi Recuva Data Recovery dan pilih jenis file yang ingin dikembalikan. Terdapat beebrapa pilihan seperti jpg, png, docx, pdf, atau csv. Centang all untuk mengembalikan semua jenis file
  • Setelah itu pilih lokasi yang akan digunakan untuk menyimpan file yang berhasil dikembalikan
  • Selanjutnya centang Enable Deep Scan dan klik Start
  • Tunggu beberapa saat hingga proses pengembalian selesai. Lama waktu pengembalian tergantung pada besarnya memori dan file yang hilang tersebut.

 Memang setelah melakukan pengembalian tidak semua file akan kembali, tetapi biasanya kondisi terakhir jumlah file akan semuanya bsia dilihat.

Demikian  Cara Mengembalikan Data/File Terhapus di Android baik untuk hp yang diroot atau tanpa root yang bsia anda coba jika anda kehilangan data atau file, atau tanpa sengaja memori terformat dan hilang semua isi did dalam memori. Semoga cara di atas bsia membantu anda mengembalikan data yang hilang atau terhapus baik secara sengaja maupun tanpa sengaja.

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel